Jumat, 30 September 2011

Penting nya bahasa indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat

Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD)

Ejaan ini diresmikan pemakaiannya pada tanggal 16 Agustus 1972 oleh Presiden Republik Indonesia. Peresmian itu berdasarkan Putusan Presiden No. 57, Tahun 1972. Dengan EYD, ejaan dua bahasa serumpun, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia, semakin dibakukan.

Perubahan:
Indonesia
(pra-1972) Malaysia
(pra-1972) Sejak 1972
tj berubah menjadi ch dan sekarang menjadi c
dj berubah menjadi j dan sekarang menjadi j
ch berubah menjadi kh dan sekarang menjadi kh
nj berubah menjadi ny dan sekarang menjadi ny
sj berubah menjadi sh dan sekarang menjadi sy
j berubah menjadi y dan sekarang menjadi y
oe* berubah menjadi u dan sekarang menjadi u

Ragam bahasa, kalau kita berbicara tentang ragam bahasa pasti tentang banyak nya bahasa yang di gunakan oleh setiap manusia. Ragam bahasa juga dapat di bedakan berdasarkan media/sarana dan berdasarkan penutur.
+ Ragam bahasa berdasarkan media/sarana
1. Ragam bahasa Lisan
- Ragam bahasa lisan adalah bahan yang dihasilkan alat ucap (organ of speech) dengan fonem sebagai unsur dasar. Dalam ragam lisan, kita berurusan dengan tata bahasa, kosakata, dan lafal. Dalam ragam bahasa lisan ini, maka kita harus menggunakan tinggi rendah nya suara,mimik muka, gerak tangan maupun isyarat untuk dapat di mengeri dan di pahami.

2. Ragam bahasa tulis
- Ragam bahasa tulis adalah bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Dalam ragam tulis, kita berurusan dengan tata cara penulisan (ejaan) di samping aspek tata bahasa dan kosa kata. Di sini kita di tuntut agar menggunakan kelengkapan unsure tata bahasa seperti bentuk kata ataupun bentuk kalimat, ketepatan dalam memilih kata, menggunakan kata ejaan yang benar, dan penggunaan tanda baca untuk mengungkapkan suatu ide.

+ Ragam bahasa penutur
1. Ragam bahasa berdasarkan daerah disebut ragam daerah (logat/dialek).
- Di sini kita bisa melihat bagaimana cara setiap daerah menggunakan bahasa yang berbeda aksen nya pun berbeda. Bahasa Indonesia yang digunakan oleh orang yang tinggal di Jakarta berbeda dengan bahasa Indonesia yang digunakan di Jawa Tengah, Bali, Jayapura, dan Tapanuli. Masing-masing memilikiciri khas yang berbeda-beda. Misalnya logat bahasa Indonesia orang Jawa Tengah tampak padapelafalan/b/pada posisiawal saat melafalkan nama-nama kota seperti Bogor, Bandung, Banyuwangi, dan lain-lain. Logat bahasa Indonesia orang Bali tampak pada pelafalan /t/ seperti pada kata ithu, kitha, canthik, dan lain-lain

2. Ragam bahasa berdasarkan pendidikan penutur.
- Bahasa Indonesia yang digunakan oleh kelompok penutur yang berpendidikan berbeda dengan yang tidak berpendidikan, terutama dalam pelafalan kata yang berasal dari bahasa asing, misalnya fitnah, kompleks,vitamin, video, film, fakultas. Penutur yang tidak berpendidikan mungkin akan mengucapkan pitnah, komplek, pitamin, pideo, pilm, pakultas. Perbedaan ini juga terjadi dalam bidang tata bahasa, misalnya mbawa seharusnya membawa, nyari seharusnya mencari. Selain itu bentuk kata dalam kalimat pun sering menanggalkan awalan yang seharusnya dipakai.

3. Ragam bahasa berdasarkan sikap penutur.
- Ragam bahasa dipengaruhi juga oleh setiap penutur terhadap kawan bicara (jika lisan) atau sikap penulis terhadap pembawa (jika dituliskan) sikap itu antara lain resmi, akrab, dan santai. Kedudukan kawan bicara atau pembaca terhadap penutur atau penulis juga mempengaruhi sikap tersebut. Misalnya, kita dapat mengamati bahasa seorang bawahan atau petugas ketika melapor kepada atasannya. Jika terdapat jarak antara penutur dan kawan bicara atau penulis dan pembaca, akan digunakan ragam bahasa resmi atau bahasa baku. Makin formal jarak penutur dan kawan bicara akan makin resmi dan makin tinggi tingkat kebakuan bahasa yang digunakan. Sebaliknya, makin rendah tingkat keformalannya, makin rendah pula tingkat kebakuan bahasa yang digunakan.

Penting nya bahasa Indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat?

Menurut saya sangat penting bahasa Indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakt karena dengan bahasa Indonesia kita dapat berkomunikasi satu dengan yang lain nya selain itu juga Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia[1] dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.
Kesimpulan nya adalah dan sangat penting bahasa Indonesia dalam tatanan kehidupan bermasyarakat karena dengan begitu kita dapat berinteraksi dengan yang lain nya.

Sumber :
www.google.co.id
http://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar