Senin, 04 Oktober 2010

---ORGANISASI---

---Organisasi---

 1. Pengertian Organisasi

    Menurut saya, Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. organisasi yang baik yaitu :
> Organisasi harus mempunyai nilai-nilai, nilai-nilai positif tentunya.
> Organisai harus mempunyai visi & misi.
> Organisasi harus mempunyai aturan di dalamnya agar tercipta kesimbangan atau keadilan antar anggota.
> Organisasi juga harus mempunyai profesionalisme dari para anggotanya.
> Sumber daya dalam sebuah organisasi juga harus mumpuni.
> Organisasi harus punya rencana kerja/schedule.

Organisasi dapat diartikan dalam dua macam, yaitu:
-Dalam arti statis : organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan.
-Dalam arti dinamis: organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik                  formal maupun informal.

    Pentingnya kita berorganisasi yaitu terciptanya rasa tanggung jawab dalam diri kita juga membangun nilai nilai positif yang ada dalam diri kita, dengan berorganisasi kita dapat mengerti nilai nilai sosial yang ada dalam masyarakat.


2. Ciri-Ciri Organisasi

Berikut ciri-ciri organisasi yang saya ketahui :

> Adanya kerja sama/cooperative.
> Adanya tujuan.
> Terdiri dari 2 orang atau lebih.
> Adanya koordinasi tugas-tugas masing-masing anggota.
> Adanya tata tertib yang harus ditaati.

3. Unsur-unsur Organisasi

Adapun unsur-unsur organisasi secara terperinci adalah :

1. Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.

2. Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.

3. Tujuan Bersama
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network), kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan.

4. Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).

5. Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. Termasuk dalam unsur lingkungan, antara lain :
    a. Kondisi atau situasi yang secara langsung maupun secara tidak langsung berpengaruh terhadap daya gerak        kehidupan organisasi, karena kondisi atau situasi akan selalu mengalami perubahan.

    b Tempat atau lokasi, sangat erat hubungannya dengan masalah komunikasi dan transportasi yang harus       dilakukan oleh organisasi.

    c Wilayah operasi yang dijadikan sasaran kegiatan organisasi.

6. Kekayaan Alam
Yang termasuk dalam kekayaan alam ini misalnya keadaan iklim, udara, air, cuaca, flora dan fauna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar